Taufiqurrachman say,

In this blog, you can get information about SOCCER!!! Enjoy... (^_*)'

Monday, January 31, 2011

Rahasia tendangan Free-Kick Cristiano Ronaldo

Freekick Cristiano Ronaldo mempunyai cirikhas, yakni memanfaatkan gaya knuckle..

apakah knuckle itu??

http://en.wikipedia.org/wiki/Knuckleball

dalam permainan baseball sudah sangat terkenal lemparan2 bola seperti ini, yaitu dengan melempar bola dengan cepat, tanpa menambahkan efek rotasi pada bola, cara ini menyebabkan tekanan pada bagian depan bola sangat kuat dan pada akhirnya menyebabkan pergeseran arah bola yang susah ditebak..

tentu bola ini sangat tidak bersahabat dengan si pemukul/kiper.. karena bola yang dilesakan sangat sulit ditebak dan bola tersebut bisa berubah arah secara tiba2 sesuai tekanan udara di sekitarnya



(BTW yang suka baca komik manga SHOOT! pasti tahu ini  )

Lalu bagaimana kalau hal ini di praktikan pada sepak bola??

bisa dibilang tendangan ini lebih berbahaya dari tendangan pisang / tendangan kurva..

berbeda dengan knuckle.. tendangan kurva memiliki arah yang lebih jelas.. menebak tendangan kurva hanyalah melihat dengan kaki bagian manakah si algojo menendang bola..



hanya saja.. tendangan kurva lebih memiliki speed dan power serta akurasi yang jelas..

tidak heran, para algojo penguasa tendangan kurva seperti David Villa, Zinedine Zidane, Roberto Carlos dan David Beckham bisa mencetak gol dengan arah yang sangat sulit dijangkau kiper (biasanya bola di arahkan ke ujung sudut2 kanan, kiri gawang)

kembali ke knuckle..

lalu bagaimana melakukan freekick seperti itu?

knuckle nya Ronaldo bukan sama seperti di baseball gan

karena volume bola yang lebih besar, maka tenaga yang diperlukan juga sangat besar

maka dari itu setiap kali mengambil tendangan bebas.. Ronaldo selalu menghitung jarak kuda2 agar tendangan yang dilakukan bisa sangat keras

lalu bagaimana menendangnya? kalau baseball sih gampang tinggal lempar, nah kalo bola sepak kan ga boleh di lempar?

kuncinya adalah dengan menendang titik tengah bola.. lalu bagaimana kita tahu kalo yang kita tendang itu titik pusat tengah2 bola??

gampang gan, ada cara mengakalinya, setiap bola pasti memiliki pentil untuk mengisi udara pada bola  nah agan2 tinggal meletakan pentil tersebut di tengah2 bola yang akan agan tendang



lalu kenapa kaki ronaldo suka ngangkang?



untuk menentukan titik tengah bola, ronaldo perlu melebarkan kakinya membentuk segitiga, untuk memudahkan dia melihat titik tengah pada bola tersebut

tapi ati2 loh gan.. jgn terlalu sering ngangkang... ronaldo pernah kena hernia dan harus dioperasi karena gaya tendangan bebasnya itu  http://id.wikipedia.org/wiki/Hernia.


tapi disisi lain tendangan ini juga memiliki kelemahan.. yaitu mudah melenceng kemana mana.. karena tekanan udara yang tidak tentu.. bola bisa meluncur keras ke tengah gawang atau bahkan melebar sangat jauh.. atau bahkan bisa di akali dengan memasang pagar betis dengan pemain yang rata2 bertubuh tinggi dengan maksud menyetop bola dengan bantuan pagar betis, sebelum bola tersebut melakukan pergeseran arah..

kunci menangkap bola ini adalah, sebisa mungkin menyetop, menangkap atau menggagalkan tendangan ini sebelum bola itu berhasil melakukan "knuckle"

knuckle ini juga uda ane praktekin di volley loh gan
dan apa yang terjadi? waktu aku servis, bolanya ngambang dan berubah arah, sehingga semua pemain lawan nyaris susah menebak kemana bola ini.. tapi jeleknya, karena arahnya yang tidak tentu, servis voli aku sering ngambang keluar lapangan permainan. hehe..

1 comment:

  1. saya akan mencoba ini, soalnya saya sudah coba tendangan cr7 tapi hasil gaya sendiri

    ReplyDelete